Cara Mengubah Huruf Partisi Harddisk

Bagi pengguna laptop atau komputer, mungkin anda sering menjumpai huruf pada drive disk laptop atau komputer anda tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Misalkan anda menginginkan CD-ROM anda D:\ tetapi yang anda lihat justru huruf E:\ atau huruf lainnya.
Nah, pada artikel kali ini, admin akan share sedikit bagaimana ataupun cara mengubah huruf partisi harddisk agar sesuai dengan huruf yang anda inginkan dengan langkah yang sangat simple dan mudah. Namun, pada kesempatan ini kami hanya memberikan langkah-langkah mengubah huruf partisi harddisk di OS Windows, lebih tepatnya di Windows 7. Karena admin hanya pengguna OS Windows, dan belum pernah mencoba di OS lain.
Artikel ini juga sangat berguna bagi anda yang baru saja menginstall ulang PC atau komputer anda, karena setelah di install ulang, nama dan huruf partisi harddisk anda akan berubah menjadi default. Maka anda harus mengubahnya agar menjadi seperti keadaan saat belum di install ulang. Caranya sebenarnya sangat mudah, namun juga akan membingungkan bagi orang-orang yang belum mengetahuinya.
Hal ini dilakukan juga untuk merapikan tampilan di windows explore dan memudahkan anda untuk menyimpan file di harddisk anda. Akan sangat membingungkan jika anda hendak menyimpan file namun anda tidak mengetahui partisi mana yang anda inginkan, tentu saja akan mempersusah pekerjaan anda. Nah, langsung saja simak langkah-langkah dibawah ini, jangan sampai ada tahap yang terlewatkan;

Langkah-langkah mengubah huruf partisi Harddisk
§  Pertama, turn on PC atau laptop anda.
§  Setelah laptop anda menyala dengan sempurna, klik Windows Explorer atau alternatifnya bisa tekan tombol Ctrl + E.
§  Setelah masuk di menu Explorer, cari tab “computer” lalu klik kanan pada tab tersebut, maka akan muncul beberapa pilihan menu yang ada.
§  Dari beberapa menu tersebut carilah yang bertuliskan “Manage” yang ada simbol seperti run as administrator lalu klik kiri pada menu tersebut.
§  Seteleh meng-klik menu tersebut maka anda akan dibawa ke Computer Management, disitu juga banyak pilihan menu/tab.
§  Carilah yang bertuliskan Storage lalu klik pada menu Disk Management. Nah, disitulah anda akan mengubah huruf partisi harddisk anda. Disitu anda juga bisa mengubah nama partisi anda sesuai yang anda inginkan.
§  Disitu ada partisi harddisk yang telah anda buat, untuk mengganti huruf partisinya klik kanan pada partisi yang akan diganti hurufnya.
§  Lalu akan muncul beberapa option, plilhlah yang bertuliskan “Change drive letter and Paths..” .
§  Anda akan dibawa pada menu baru, disitu ada tiga option diantaranya adalah; add, change, dan remove.
§  Pilihlah pada option “change” , nah disitu anda bisa memilih huruf harddisk sesuai yang anda inginkan. Setelah selesai klik “OK”.

Untuk mengubah huruf harddisk pada setiap partisi, alangkah baiknya anda menukarnya dengan cara mengganti lebih dulu dengan huruf acak. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi double. Misalnya di Partisi 1 huruf defaultnya E:\ dan di Partisi 2 D:/ dan anda menginginkan Partisi 1 jadi D dan partisi 2 jadi E, maka gantilah huruf Partisi 1 dan 2 dengan acak, misalnya P:\ atau R:\ nah setelah itu baru anda mengubah huruf di Partisi 1 dan 2 sesuai yang anda inginkan sebelumnya.
Bagaimana? Mudah bukan? Jika masih ada yang kurang jelas silahkan kontak ke admin. Terimakasih sudah berkunjung.




Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

-> No live link.
-> Dont't spam here!
-> Thanks! EmoticonEmoticon